Langsung ke konten utama

Momen Lebaran Tanpa Gangguan Lambung

Setelah Puasa satu bulan, pada saat Lebaran biasanya jadi ajang balas dendam untuk menyantap semua makanan enak yang tersedia di mana-mana. Namun demikian, dari sisi kesehatan tak semua harus disantap sekenyang-keyangnya. Apalagi buat yang sakit maag alias gangguan lambung dan pencernaan. Boleh saja makan banyak, tapi tetap harus hati-hati jangan sampai usai Lebaran malah kelimpungan karena sakit. Pencernaan bisa shock berat karena secara tiba-tiba dijejali dengan banyak makanan.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, supaya saat Lebaran Anda menjadi nyaman, tanpa gangguan pencernaan dan maag. Jika punya gangguan maag, sebaiknya batasi konsumsi makanan berlemak, berbumbu tajam dan pedas yang bersifat merangsang asam lambung. Kalau mungkin, hindari saja. Anda tak mau kan saat silaturahmi lambung malah berkasus. Namun jika makanan berkuah santan kental dan pedas tak bisa dihindarkan, konsumsi saja sedikit (untuk menghormati tuan rumah), serta sediakan obat maag untuk meredakan keluhan nyeri lambung jika tiba-tiba derita sakit maag menyerang.

Kalau biasanya pola makan tidak teratur menjadi penyebab sakit maag, saat Lebaran nanti, pola makan yang serampangan malahan bisa membuat maag Anda kambuh. Ada sejumlah gejala yang biasa penderita sakit maag. Misalnya, mual, perut terasa nyeri, perih (kembung dan sesak) di bagian atas perut (ulu hati). Biasanya, nafsu makan menurun secara drastis, wajah pucat, suhu badan naik, keluar keringat dingin, dan sering bersendawa terutama dalam keadaan lapar. Kalau gejala itu sudah muncul, jangan paksakan untuk melahap semua makanan yang memang menggoda selera lidah.

Sekadar untuk perhatian, menurut studi yang dilakukan lembaga IPSOS atas pola makan dan kesehatan pencernaan di beberapa negara Asia seperti Thailand, Vietnam, Filipina, Indonesia, India dan Pakistan, masyarakat Indonesia ternyata rentan terhadap permasalahan kesehatan yang diakibatkan oleh kurang lancarnya pencernaan. Secara reguler, 87% dari masyarakat Indonesia mengalami perut kembung. Artinya pula, kebanyakan orang menganggap sepele masalah gangguan pencernaan.

Gangguan pencernaan juga memiliki dampak fisik yaitu kurang energi, insomnia, sekaligus dampak psikis seperti perasaan tidak nyaman, pecah konsentrasi, bertemperamen buruk sampai dengan depresi sebagai salah satu dampak ekstrimnya. Anda tidak ingin bukan, di saat yang fitrah, malah jadi berantakan gara-gara stress karena pencernaan nggak beres?

Menjaga kesehatan pencernaan sendiri cukup mudah dilaksanakan, yaitu dengan melakukan tahap awal atas penilaian pola makan dan kebiasaan untuk mengukur kesehatan pencernaan terlebih dahulu, sebelum berkonsultasi dengan ahli gizi untuk merubah kebiasaan-kebiasaan yang tidak menyehatkan. Selain merubah pola makan, gaya hidup sehat seperti berolah raga dan memilih jenis makanan yang membantu melancarkan pencernaan penting sebagai tahap lanjutan menuju pencernaan yang lebih baik. Jangan mentang-mentang lagi Lebaran, kemudian 'memberi maaf' kepada tubuh untuk tidak terkontrol.

Yang paling penting adalah kontrol diri agar tidak berlebihan. Jangan sampai asam lambung menggeliat, karena asam lambung sangat diperlukan untuk membantu pencernaan dan sangat diperlukan tubuh dalam jumlah seimbang. Produksi asam lambung biasanya meningkat pada saat tubuh memerlukannya, yaitu ketika makan. Sebaliknya, pada saat tubuh tidak memerlukannya, produksi asam lambung akan menurun kembali. Oleh sebab itu jangan terlambat makan agar asam lambung tidak naik.

Untuk menghindari penyakit maag kambuh, disarankan untuk mengurangi mengonsumsi makanan yang dapat mengganggu lambung. Di antaranya, makanan yang terlalu asam dan pedas. Beberapa contoh jenis makanan yang bisa membentuk gas sehingga mengakibatkan perut kembung, seperti ubi, nangka, durian, salak, mie, sate kambing, serta minuman yang mengandung soda dan alkohol.

Minuman ringan bersoda memang biasanya jadi pilihan praktis ketika kita berkunjung atau menjamu tamu. Meski Sebuah eksperimen yang dimuat dalam The European Journal of Gastroenterology and Hepatology menemukan bahwa minuman berkarbonasi tidak menyebabkan sakit maag, tapi lebih baik Anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Kalau Anda bisa mengontrol diri Anda sendiri, niscaya semuanya akan menjadi menyenangkan. Liburan dan Lebaran pun benar-benar punya kesan indah, tanpa gangguan pencernaan atau maag.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MERAWAT SANSIVERA

Tanaman Sansivera biasa juga disebut lidah mertua ini adalah favorit pecinta indoor plant. Tanaman yang satu ini karakternya cenderung menyukai kondisi kering daripada lembab. Karana punya sifat ini membuat sansiviera relatif tahan lebih lama berada dalam ruangan. Kunci utama agar tanaman ini mampu berumur panjang, adalah media tanam yang tepat. Pilih media tanam berupa pasir, sekam, pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 2:2:0,5:1. Anda juga bisa menggunakan formula media tanam berupa pasir, sekam bakar, dan pakis, dengan perbandingan 1:1:1. Atau media berupa arang tumbuk, sekam mentah, kompos daun, cocopeat, dengan sedikit tanah. Media tanam ini akan menjamin kelancaran drainase sehingga suasana tidak lembap. Jangan lupa, beri styrofoam, kerikil kasar, pecahan genting/ bata di dasar pot untuk mengurangi risiko media menjadi padat dan menyimpan air terlalu banyak. Dan bila pertumbuhan tanaman mulai lambat atau media sudah mulai padat, lakukan penggantian media atau lakuka

Tips Hilangkan Noda Hitam di Ketiak

Ketiak hitam bikin kaum hawa tidak pede pakai pakaian tapa lengan karena warna daerah ketiak kamu gelap atau menghitam. Rajin mandi, sering menggosok dengan scrub masih saja ketiak ada noda hitam. Kalau kamu tahu, sebenarnya setiap kita mencukur bulu ketiak atau mencabut ketiak dan menggunakan deodorant secara berlebihan akan memicu ketiak menjadi gelap. Karena, setiap ketiak kamu tidak berbulu atau tidak memiliki perlindungan keringat tubuh kamu serta deodorant yang kamu kenakan bercampur sehingga menimbulkan penumpukan kotoran dan menyebabkan penebalan kulit, hal itulah yang membuat ketiak kamu menjadi gelap. So semua pasti ada solusinya seperti dibawah ini: 1. Siapkan buah lemon dan ketimun, kemudian peras buah lemon dan ambil sarinya. Parut ketimun dan campur dengan perasan lemon tersebut, aduk rata. Tambahkan sedikit parutan kunyit kedalamnya dan aduk. Setelah tercampur rata bubuhkan pada ketiak kamu dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat. 2. Setiap habis mand

Jaga Kecantikan Dengan Lidah Buaya

Bentuk tumbuhan lidah buaya mungkin memang sederhana dan tak menarik. Tapi jangan salah, si lidah buaya ini ternyata punya manfaat yang banyak sekali, baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Ada lebih dari 200 jenis tumbuhan lidah buaya ( Aloe vera ), tapi sebenarnya hanya lima jenis yang dipertimbangkan memiliki manfaat untuk kesehatan atau digunakan untuk produk-produk kecantikan, yakni Aloe Barbadensis Miller, Aloe Perryi Baker, Aloe Ferox , Aloe Arborescens dan Aloe Saponaria . Semakin tua tumbuhan lidah buaya semakin memberi manfaat untuk nutrisi maupun pengobatan. Gel lidah buaya seringkali digunakan untuk mengobati luka gores, tersayat, gigitan serangga dan ruam. Manfaat lidah buaya untuk kesehatan sebenarnya sudah dikenal sejak dahulu kala. Menurut catatan sejarah mengindikasikan penggunaan lidah buaya untuk bahan pengobatan telah digunakan sejak 1.500 SM. Lidah buaya diduga juga jadi bahan rahasia kecantikan Cloepatra dan disebutkan dalam al kitab beberapa kali. Manfaat